Profil Joky

Nama Joky, mungkin sudah tidak asing bagi pencinta lagu-lagu Buddhis. Beliau satu dari sedikit pencipta lagu-lagu Buddhis yang produktif. Aktif mencipta lagu sejak tahun 1986. Selain sebagai pencipta lagu, Joky (namanya memang hanya terdiri dari 4 huruf ini) juga sering bertindak sebagai produser rekaman lagu-lagu Buddhis. Beliau juga sekaligus pemilik Joky Music Production (JMP).

Tidak banyak data pria kelahiran Pangkalpinang (Bangka), 12 Juni 1967 ini yang terpublikasi. Beliau tercatat pernah dimuat sebagai profil di majalah Berita Dharmayana (KMB Universitas Tarumanegara) di tahun 1990-an awal, dan majalah Dhammacaka (2006).

Lagu pertama yang diciptakannya berjudul Dhamma Sang Buddha (1986). Pendidikan SMA (1983) ditempuhnya di Yogyakarta, kemudian kuliah di Universitas Tarumanegara (1986), dan menetap di Jakarta dengan membuka studio rekaman. Sekitar Agustus 2005 pindah ke tanah kelahirannya (pulau Bangka) dan membuka studio di sana. Februari 2007 beliau kembali ke Jakarta dan membuat studio rekaman lagi di daerah Pluit.

Untuk lagu-lagu Buddhis, Joky memakai nama perusahaan Joky Music Production (JMP). Dan di jalur musik pop umum, Joky memakai nama JKC (Jawara Kreasi Cemerlang). Selain sebagai pencipta lagu Buddhis yang produktif (tercatat sudah menciptakan lebih dari 80 lagu Buddhis), Joky juga mencipta lagu-lagu pop umum. Bersama teman, Joky mendirikan perusahaan PT Jawara Kreasi Cemerlang (JKC) yang dalam waktu dekat akan meluncurkan album perdananya.

Note:
Blog ini dibuat oleh Hendry Filcozwei Jan (pemilik www.vihara.blogspot.com, satu alamat yang "WAJIB" dikunjungi untuk mendapatkan aneka info tentang Buddhis) sebagai apresiasi kepada Ko Joky, satu dari sedikit pencipta lagu-lagu Buddhis di Indonesia.

Category: 0 komentar

Tidak ada komentar: